Cara Mengatasi Teror Pinjol yang Meresahkan

 Pinjol mulai meneror saat kita sebagai nasabah mereka belum mampu membayar pinjaman dengan tepat waktu. Spesial untuk pinjol ini, cara menagih mereka sangatlah meresahkan, jika Anda baru meminjam di pinjaman online, pasti Anda sangat panik dan gelisah saat ditagih oleh mereka. Karena mereka saat menagih sambil melemparkan ancaman-ancaman yang meresahkan.


Cara mengatasi terror pinjol


Kasus seperti ini tidak hanya terjadi di pinjol ilegal saja. Pinjol legal atau yang resmi berizin dan diawasi OJK pun sama meresahkannya saat menagih. Jadi mau tidak mau Anda harus siap dengan teror yang mereka lakukan.

Saya sendiripun pernah merasakan hal tersebut. Ketika belum mampu membayar 1 pinjaman online, kemudian gali lobang dengan pinjam ke apk pinjol lainnya namun bukan menyelesaikan masalah, tapi malah nambah masalah. Akhirnya diteror sana sini.

Segala cara mereka lakukan untuk membuat kita membayar pinjaman saat itu juga. Mengancam akan disebarkan data pinjaman saya ke seluruh kontak, ngancam mau dibawa ke sidang perdata, ngancam mau di santet, hingga diancam akan ditusuk dari belakang saat saya sedang dijalan.

Namun semua ancaman itu hanya gertakan semata agar saya segera melunasi pinjaman saat itu juga. Tapi apalah daya uangnya saat itu belum ada karena ada kebutuhan yang lebih penting akhirnya tetap tidak saya bayarkan.

Selama diteror dengan cara mereka menagih yang meresahkan tersebut sebenarnya cukup membuat saya gelisah, panik dan merasakan takut yang berlebihan. Mau beraktivitas seperti kerja dan ngobrol sama teman pun tidak pernah bisa fokus. Makan juga rasanya tidak enak dan setiap ada yang ketuk pintu, jantung berdetak kencang karena takut dc pinjol yang datang. Hahaha betapa tidak mengenakan hidup seperti itu.

Namun seiring berjalannya waktu, sayapun mulai paham dengan cara main mereka. Dan akhirnya saya sudah terbiasa dan tidak pernah lagi khawatir dengan teror mereka lagi. Dari pengalaman tersebutlah saya tuliskan disini, semoga bisa jadi manfaat untuk Anda yang memang saat ini sedang dalam posisi diteror pinjol dan tidak tahu harus berbuat apa.

Dibawah ini sharing saya dari pengalaman saat terbebas dari teror pinjol yang membagongkan.


Solusi Terbebas Dari Teror Pinjol

Sebelumnya saya ingin menyarankan jangan pernah Anda takuti setiap ancaman yang Anda dapat dari si pinjol. Karena setiap ancaman mereka itu hanya gertakan semata dan tidak akan pernah jadi kenyataan. Cara main mereka memanglah seperti itu. Jadi jangan pernah anggap serius omongan mereka.

Lalu bagaimana dengan ancaman akan didatangi dc lapangan atau data kita akan masuk Slik OJK?

Akan saya share disini penjelasan agar terbebas dari teror mereka. Supaya kedepannya bagi Anda yang saat ini sedang diteror pinjol, bisa lebih tenang menghadapinya.


1. Teror Pinjol Melalui Chat/Panggilan

Seringnya kasus ini yang terparah adalah melalui chat whatsapp. Dimana mereka terus memberikan pesan-pesan kepada Anda dengan nada ancaman dll.

Teror Pinjol Melalui Chat/Panggilan

Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidak merespon pesan mereka. Bahkan sangat dianjurkan jangan dibaca pesan mereka. Karena kalau Anda baca'pun, hanya akan membuat Anda gelisah dan mengganggu aktivitas Anda. Lebih baik lagi kalau Anda nonaktifkan saja no hp yang di teror tersebut sementara waktu. Jalani saja aktivitas Anda seperti biasa dan jangan pernah fikirkan tentang pinjol tersebut.

Bagaimana jika si pinjol sebar data ke seluruh kontak yang sudah disadap?

Sebenarnya, sangat kecil kemungkinannya jika data Anda disebar, kalau Anda tidak merespon mereka. Justru biasanya si pinjol akan melakukan aksi sebar data ke orang yang ngeyel dengan mereka. Ngerti gak maksudnya?

Simplenya gini. Tiap hari ada banyak orang yang gagal bayar pinjol. Bukan Anda saja. Dari sekian banyak orang yang gagal bayar, gak mungkin semuanya disebar data. Biasanya yang di sebar datanya itu orang orang yang suka ngeyel ke si pinjol. Saling berbalas pesan sampai membuat si pinjol itu emosi hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menyebarkan datanya ke seluruh kontaknya biar hatinya puas.

Justru kalau Anda tidak merespon mereka, Akan lebih baik karena nama Anda pasti akan tenggelam di daftar chat si pinjol karena tidak aktif. Sementara yang suka berbalas pesan, pasti akan berada di daftar chat paling atas.

Jadi lebih baik biarkan saja chat si pinjol. Jangan baca pesan mereka. Biarkan saja mereka sibuk dengan orang-orang yang ngeyel ke mereka. Hal ini juga akan oebih baik untuk Anda, karena dengan tidak membaca pesan dari mereka, hati Anda akan terasa lebih damai. Lebih bagus lagi nonaktifkan sementara kartu sim yang terkena teror pinjol.

Percayalah, dengan cara ini semua akan baik-baik saja.


2. Ancaman Akan Didatangi DC Lapangan

Untuk kasus ini, Anda juga tidak perlu khawatir berlebihan. Karena dc pinjol itu tidaklah seseram dc lapangan seperti yang ada di tv-tv atau berita yang tampangnya sangar dll.

Ancaman Akan Didatangi DC Lapangan

Dc lapangan pinjol itu hanya orang warga biasa seperti kita-kita. Mereka bukan dc lapangan profesional yang sudah terlatih dalam hal penagihan. Jadi mereka itu masih bisa diajak berbicara baik-baik.

Yang membuat dc lapangan pinjol seram itu hanya fikiran negatif kita saja yang sudah terpengaruh sebelumnya oleh chat ancaman yang si pinjol layangkan sebelumnya melalui pesan whatsapp.

Jadi kalaupun ada dc lapangan pinjol datang, hadapi saja dan bilang apa adanya, tidak perlu khawatir akan hal buruk terjadi.

Lagipula dari sekian banyak pinjol yang ada di Indonesia, yang ada dc lapangannya cuman sedikit kok. Paling yang beneran ada dc lapangannya itu hanya akulaku, kredit pintar, dan kredivo. Sisanya tidak ada dc lapangannya. Kecuali seperti Julo, spaylater, gopaylater. Mereka akan ada dc dadakannya khusus yang punya tagihan dalam nominal yang besar misal diatas 10 juta. Kalo cuma 1-2 juta gak akan didatangi.

Kalaupun ada dari pinjol lain selain diatas (misal: rupiah cepat, kta kilat, kredito, klik kami, pinjam duit, modal nasional, adakami, dana rupiah, cashcepat, dll) yang mengancam akan mengutus dc lapangannya untuk datang ke rumah Anda, itu mereka hanya menakut-nakuti Anda saja agar Anda segera melakukan pengembalian dana pinjaman sesegera mungkin. Padahal mereka itu tidak mempunyai dc lapangan.

Apalagi pinjol ilegal, mereka sudah pasti 1000% semuanya tidak mempunyai dc lapangan.


3. Ancaman blacklist BI Checking Atau Slik OJK

Hal ini juga tidak perlu Anda cemaskan. Karena hasil slik dari pinjol itu tidak akan berpengaruh pada perbankan-perbankan besar.

Salah satu contohnya saya sendiri. Yang sudah banyak gagal bayar di puluhan aplikasi pinjaman online, namun ketika pengajuan KTA di BRI, semuanya lancar-lancar saja. pengajuan saya tetap di acc bahkan sampai tiga kali pinjam ke bank lain juga untuk modal usaha.

Pada intinya, saat Anda punya data jelek di pinjol, tidak akan pengaruh ke perbankan konvensional. Namun sebaliknya, jika data Anda jelek di bank konvensional, Anda juga akan sangat susah mendapatkan pinjaman pinjol.

Dan tidak semua pinjol akan masuk slik OJK. Hanya pinjol legal yang punya nama besar saja yang biasanya bisa masuk ke Slik OJK. Sisanya aman.


Ok itulah sharing saya kali ini tentang mengatasi teror pinjol yang saat ini sudah banyak memakan korban. Kesimpulan intinya, jangan ladeni teror mereka. Kalau dirasa mengganggu, nonaktifkan saja nomor hp yang diteror tersebut. Dan jangan pernah berfikiran negatif. Karena semua kegelisahan itu karena fikiran Anda yang sudah ketakutan duluan, bagaimana bila ginilah bagaimana bila gitulah, padahal belum terjadi apapun. 

Percayalah kalau Anda bisa memblokir akses mereka agar tidak bisa menghubungi Anda, semuanya akan jadi baik-baik saja. Karena saya sendiri sudah pernah merasakan hal tersebut.

Semoga bermanfaat...

2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Teror Pinjol yang Meresahkan"

  1. Saya saat ini terlilit banyak pinjol dan semua nya menunggak. Bahkan yg semula hanya 600 saat ini sudah lebih 1jt karna denda dan bunga.. saya bingung karna bisa membayar atau menyicilnya.. dari kisah kakak apakah akhirnnya pinjol kakak tetap kakak lunasi. Dan yg pasti dengan bunga yg terus bertambah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kakak belum mampu membayar, jangan memaksakan kak apalagi sampai berbuat hal yg tidak benar demi bayar pinjol.

      Namun usahakan menabung tiap ada rizki untuk membayar pinjaman tersebut. Pas uang tabungan sudah sekiranya cukup untuk membayar 1 pinjaman dengan minimal pokoknya saja, kakak bisa hubungi pihak pinjol tersebut dan lakukan negosiasi agar bisa membayar pokoknya saja. Lakukan hal tersebut sampai semua pinjol lunas. Memang gak akan mudah kak, tapi kalo niatnya sungguh sungguh Insya Allah bisa kak. Karena bagaimanapun, yg namanya hutang harus dibayar.

      Prioritaskan pinjol legal terlebih dahulu. Pinjol ilegal tidak usah difikirkan. Jika niat bayar ke ilegal, lebih baik pake sedekah ke orang yg membutuhkan lalu niatkan untuk melunasi hutang pinjol ilegal.

      Hapus
Pengunjung yang baik akan meninggalkan komentar yang baik baik juga ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel